PENDAHULUAN
SOP merupakan sebuah standar operasional yang diberlakukan di berbagai perusahaan dan memiliki peranan penting dalam sebuah organisasi atau perusahaan
MAKSUD DAN TUJUAN
Dapat mengetahui dan memahami SOP dan mengimplementasikan dalam pekerjaan yang dilakukanya
PENGERTIAN
Standart Operating Prosedure (SOP) adalah serangkaian instruksi kerja tertulis yang dibakukan (terdokumentasi) mengenai proses penyelenggaraan administrasi perusahaan, bagaimana dan kapan harus dilakukan, dimana dan oleh siapa dilakukan
MANFAAT
1. Sebagai standarisasi cara yang dilakukan pegawai dalam menyelesaikan tugasnya
2. Mengurangi tingkat kesalahan dan kelalaian yang mungkin dilakukan oleh seorang pegawai dalam melakukan tugas
3. Meningkatkan efisiensi dan efektifitas pelaksanaan tugas dan tanggung jawab individual pegawa dan organisasi secara keseluruhan
4. Membantu pegawai menjadi lebih mandiri dan tidak bergantung pada intervensi manajemen , sehingga akan mengurangi keterlibatan pimpinan dalam melaksanakan proses sehari hari
5. Meningkatkan akuntabilitas pelaksanaan tugas
6. Menciptakan ukuran standar kinerja yang akan memberikan pegawai cara konkrit untuk memperbaiki kinerja serta membantu mengevaluasi usaha yang telah dilakukan
7. Memastikan pelaksanaan tugas penyelenggraan pemerintahan dapat berlangsung dalam berbagai situasi
8. Memberikan informasi menganai kualifikasi kompetensi yang harus dikuasai oleh pegawai dalam melaksanakan tugasnya
9. Memberikan informasi dalam upaya peningkatan kempetensi pegawai
10. Memberikan informasi mengenai beban tugas yang dipikul oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya
PENERAPAN SOP DALAM MANAJEMEN PERKANTORAN
Proses penerapan harus dapat memastikan bahwa output yang dikehendaki dapat diwujudkan yaitu:
- setiap pelaksanaan mengetahui SOP yang baru disusun dan alasan perubahanya
- salinan/copy SOP disebarluaskan sesuai kebutuhan dan siap diakses oleh semua pengguna potensial
- setiap pelaksanaan mengetahui pperanya dalam SOP dan dapat menggunakan semua pengetajuan dan kemampuan yang dimiliki untuk menerapkanya secara aman dan efektif
- ada mekanisme untuk memonitor/memantau kinerja mengidentifikasi masalah masalah yang mungkin timbul dan menyediakan dukungan dalam proses penerapan SOP
Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan selebihnya bisa baca baca sendiri ... cie sendiri dari referensi lain cmiw :3